Penjelasan Apa itu Floor Hardener, Fungsi, dan Jenisnya

Jasa Floor Hardener

Jasa Floor Hardener Apa itu Floor Hardener ? Rasanya agak aneh jika ditengah perkembangan dunia konstruksi saat ini Anda masih belum tahu apa yang dimaksud Floor Hardener.

Semakin lama, perkembangan dunia industri terus menuntut adanya bahan bangunan dengan kekuatan yang bagus dan berkualitas.

Begitu pula untuk bahan lantai yang dibuat. Lantai yang bagus haruslah tahan terhadap gesekan, kotoran, benturan, dan debu.

Apakah memang ada lantai semacam itu? Jelas ada dong, yaitu lantai dengan lapisan Floor Hardener di atasnya. Pokoknya semua permasalahan pada lantai bisa diselesaikan dengan floor hardener.

Mau tahu lebih lanjut tentang Floor Hardener? Yuk kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Apa itu Floor Hardener ?

Pada dasarnya floor hardener adalah istilah bahasa Inggris yang ketika diterjemahkan berarti penguat atau pengeras lantai.

Sedangkan dalam dunia konstruksi, Floor Hardener diartikan sebagai suatu campuran bahan material yang terdiri dari semen dan material lain untuk meningkatkan kekerasan yang lebih dari sebuah permukaan lantai.

Ada juga yang mendefinisikan bahwa floor hardener adalah komposisi bentuk partikel yang dibuat dengan ukuran dan spesifikasi bertingkat serta digunakan untuk bahan campuran semen dan batu guna meningkatkan kekerasan pada beton tanpa memengaruhi komposisi kimia semen.

Penggunaan floor hardener sangat cocok untuk mendukung struktur permukaan suatu lantai beton yang memang butuh kekuatan lebih.

Dengan menggunakan floor hardener, setidaknya lantai akan lebih awet sampai dengan 50 persen lebih lama jika dibandingkan lantai beton pada umumnya.

Baca Juga : Apa itu Epoxy Lantai

Jasa Floor Hardener

Apa Fungsi Floor Hardener ?

Floor hardener setidaknya memiliki beberapa fungsi yaitu:

  • Meningkatkan ketahanan lantai beton
  • Meminimalisir melekatnya kotoran dan debu pada lantai
  • Memudahkan dalam hal pembersihan, lantai floor hardener memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan lantai biasa pada umumnya.

Jenis Floor Hardener menurut campuran materialnya

Ditinjau dari campuran materialnya, floor hardener dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu floor hardener natural dan floor hardener metallic.

a. Floor Hardener Natural

Jenis floor hardener ini tercipta dari campuran material semen dan pasir silika atau campuran antara semen dengan agregat emery yang menjadi satu untuk membentuk suatu material permukaan lantai yang tahan terhadap gesekan.

Adapun untuk komposisi perbandingan antara campuran semen dan pasir silika adalah 1 : 2. Jenis yang satu ini termasuk yang paling banyak digunakan di Indonesia karena pengaplikasiannya yang mudah dan harganya terjangkau.

Jenis semacam ini biasanya diterapkan pada tempat parkir, gudang, pabrik, dan sekolah.

b. Floor Hardener Metalic

Untuk jenis yang satu ini tercipta dari campuran semen dan serbuk besi. Kelebihannya yaitu mampu menahan beban yang lebih berat dibandingkan floor hardener natural serta lebih tahan terhadap gesekan.

Hanya saja kelemahannya yaitu lebih mudah berkarat, proses pengaplikasian yang terlalu rumit, dan harganya yang relatif mahal. Hal ini material utamanya yaitu serbuk besi yang agak sulit didapatkan.

Pengaplikasian floor hardener semacam ini biasanya pada pabrik-pabrik industri alat berat, landasan pacu, dan jalan untuk alat-alat berat.

Baca Juga : Jasa Floor Hardener Bekasi Terbaik

Jasa Floor Hardener

Jenis Floor Hardener menurut bentuknya

1. Floor hardener berbentuk bubuk

Jenis satu ini berbentuk bubuk dan hampir mirip semen. Cara pengaplikasiannya adalah ketika lantai beton sudah setengah kering dan kuat untuk diinjak. Biasanya setelah bubuk floor hardener ditaburkan perlu dipadatkan lagi dengan mesin trowel.

Kelebihan dari floor hardener berbentuk bubuk adalah sangat kuat dan cocok digunakan pada ruangan seperti gudang atau pabrik.

Selain itu, sifatnya juga lebih tahan genangan air dan permukannya yang lebih halus dan merata. Hanya saja pengaplikasiannya agak rumit sehingga harus dikerjakan oleh profesional.

Hasil warnanya yaitu abu-abu seperti warna semen, jadi kurang menarik untuk penerapan di rumah hunian.

2. Floor hardener berbentuk cairan

Jenis kedua yaitu floor hardener berbentuk cairan. Umumnya disebut sebagai lapisan coating dan terbuat dari epoxy.

Cara pengaplikasiannnya adalah ketika lantai beton sudah benar-benar kering dan bersih. Bahkan bisa juga untuk recoating lantai beton yang sudah mulai rusak.

Tahapan pengaplikasiannya dimulai dengan membersihkan lantai, memberikan lapisan primer hingga kering, lalu dilapisi lagi dengan floor hardener epoxy hingga kering.

Kelebihan dari floor hardener jenis ini adalah mampu mengisi bagian lantau yang retak karena kerusakan penggunaan atau pengeringan yang tidak sempurna.

Lapisan yang sudah kering sangatlah keras dan tahan terhadap benturan, goresan, serta bahan kimia. Variasi warnanya pun lumayan banyak sehingga bisa membuat lantai lebih menarik.

Hanya saja baunya yang terlalu keras dan butuh waktu beberapa minggu untuk menghilangkannya. Tetapi seiring berjalannya waktu, aroma kuat tersebut akan menghilang dan lantai beton akan semakin kuat.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap tentang apa itu floor hardener beserta hal-hal mendasar tentangnya. Semoga bisa jadi tambahan pengetahuan untuk Anda yang masing sangat awam dalam hal ini.

Bagi yang ingin menggunakan layanan jasa floor hardener dari kami, langsung saja hubungi kami

Perumahan Griya Utama
Blok E2 No.12, RT 002/ RW 020
Kel. Karang Satria, Kec. Tambun Utara,
Bekasi, Jawa Barat – 17568.

Telp : (021) 5434 0111
Whatsapp : 08577 577 5746
Email : info@kilauepoxy.com
Website : www.KilauEpoxy.com

Penjelasan Apa itu Floor Hardener, Fungsi, dan Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top