Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri yang Benar Sesuai Prosedur

Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri

Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri

Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri yang Benar Sesuai Prosedur – Sebagian dari Anda mungkin pernah mencari tahu tentang Cara Memasang Epoxy Lantai yang benar. Entah itu penggunaan pada lantai garasi, hotel, ruang kantor, rumah sakit, ruang parkir, dan sebagainya.

Tentu hal ini didasari oleh fakta bahwa lantai epoxy jauh lebih awet, mudah dibersihkan, kuat meski dilalui kendaraan berat, dan pastinya lebih menawan karena efek mengkilap yang ditimbulkan. Memasang Cat Epoxy Lantai bukanlah sesuatu yang bisa dikerjakan sembarangan dan asal-asalan. Butuh keterampilan khusus dalam pengaplikasiannya agar hasil yang didapat memuaskan.

Baca juga : Jasa Epoxy Lantai

Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri yang Benar

Sebelum lanjut ke tahap pemasangan, terlebih dahulu Anda harus paham dahulu bahwa cat epoxy lantai terbagi dalam dua bahan khusus. Yaitu cat lantai epoxy/resin dan hardener (pengeras). Jadi nantinya kedua bahan tersebut akan dicampur dan diaduk sampai rata baru kemudian dilapiskan di atas beton.

Hasilnya setelah kering akan membentuk susunan yang tidak tebal namun sangat keras, kedap air, tanah, aman dari reaksi bahan kimia, dan tentunya berwarna. Uniknya lagi, pada kondisi khusus ia akan berefek mengkilap atau glossy sehingga lebih menawan dipandang mata.

Jadi tak heran bila epoxy lantai banyak digunakan pada ruang berlantai yang tertutup seperti studio TV, lorong rumah sakit, area pameran, laboratorium, mall atau tempat perbelanjaan, area parkir, pabrik, dan lantai gudang.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan Cat Epoxy Lantai

Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri

Bagaimana Tahapan Pemasangan Epoxy Lantai yang Benar ?

Dalam pemasangan epoxy lantai perlu memperhatikan beberapa hal teknis. Berikut ini adalah beberapa hal yang patut diperhatikan saat mengaplikasikan cat epoxy beserta cara pengaplikasiannya.

  1. Pastikan lantai dari bahan yang kuat seperti beton dan mempunyai minimum 225 kg/cm2  dengan tulangan yang dianjurkan didesain oleh perencana struktur.
  2. Lantai yang kuat disini maksudnya dapat menerima beban berat tanpa ada efek penurunan atau amblas. Pastikan juga lantai dalam keadaan halus rata dan tak bergelombang.
  3. Lantai yang baik untuk dipasangi epoxy minimal berumur 28 hari dan tingkat kelembapannya tidak lebih dari 80% RH saat hendak diaplikasikan epoxy.
  4. Bagi yang lantainya langsung di atas tanah, dianjurkan untuk melapisinya dengan lapisan penghambat uap air yang berupa lembaran tipis bitumen yang dilapisi bahan polyesthylene.
  5. Saat pengaplikasian epoxy, wajib menggunakan perlengkapan yang lengkap seperti jidar dan alat ukur theodolit maupun laser. Penting untuk memerhatikan ketinggian, kerataan, dan kehalusannya.
  6. Untuk pembersihan lantai dari semenyang dan komponen membantu lainnya, Anda bisa menggunakan alat grit-blasting, blastrac, dan diamondize scrubber.
  7. Gunakan air dan sabun untuk membersihkan lantai dari kotoran cair seperti oli, minyak, atau pasta.
  8. Keringkan lantai minimal 2 x 24 jam sebelum hendak diaplikasikan cat epoxy. Bisa juga menggunakan kipas besar untuk membantu proses pengeringan.
  9. Guna menghindarkan lantai dari debu, dianjurkan untuk menggunakan alat vacuum cleaner untuk membersihkannya.
  10. Lantai yang telah memenuhi persyaratan di atas selanjutnya dilapisi dengan epoxy primer. Untuk penerapannya bisa dengan roller atau alat penyemprot.
  11. Tunggu hingga lapisan primer tersebut kering. Biasanya didiamkan selama 12 jam atau lebih.
  12. Lanjut ke tahapan penerapan Base Epoxy Coat, Body Coat, dan Top Coat. Usahakan pada setiap bagiannya di sending dan cleaning.
  13. Pastikan roller yang Anda pakai berkualitas baik dan bulu-bulunya tidak mudah rontok saat digunakan.
  14. Pelapisan dilakukan sebanyak dua kali. Dimana arah pelapisannya dianjurkan sama-sama bersilangan.
  15. Saat proses pengaplikasian, pastikan tak ada debu, serangga, atau kotoran lainnya yang ikut menempel di cat epoxy.
  16. Sebisa mungkin bukalah semua jendela atau pintu yang ada jika mengaplikasikan cat epoxy pada ruang tertutup. Hal ini penting demi tetap menjaga keselamatan pekerja.
  17. Usahakan untuk tidak merokok pada saat pencampuran maupun pelapisan cat epoxy.
  18. Lantai baru bisa dilewati orang setelah cat dikeringkan minimal 12 jam. Itupun harus hati-hati dan dihindarkan dari objek yang permukaannya tajam dan keras.
  19. Pekerja dianjurkan tidak memakai sepatu saat pengaplikasian cat epoxy. Minimal menggunakan sandal karet yang lunak.
  20. Alat-alat berat atau semacam forklift, handpallet, dan gerobak baru bisa melalui lantai tersebut sesudah 7 hari dari pelapisan paling akhir.

Baca juga : Jasa Epoxy Lantai Bekasi Terbaik

Penutup

Demikianlah Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri yang Baik dan Benar. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda yang ingin mengaplikasikan epoxy lantai beton Anda agar lebih kuat, kedap air, bersih, dan indah.

Untuk Anda yang memang butuh jasa konsultan dan pemasangan cat epoxy lantai, bisa segera menghubungi kami, Dengan pengalaman dan skill yang kami miliki, dijamin bisa membantu mewujudkan pengaplikasian lantai epoxy sesuai ekspektasi Anda.

Bagi yang ingin menggunakan layanan Jasa Epoxy Lantai dari kami, langsung saja hubungi kami melalui kontak dibawah ini.

Perumahan Griya Utama
Blok E2 No.12, RT 002/ RW 020
Kel. Karang Satria, Kec. Tambun Utara,
Bekasi, Jawa Barat – 17568.

Telp : (021) 5434 0111
Whatsapp : 08577 577 5746
Email : info@kilauepoxy.com
Website : www.KilauEpoxy.com

Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri yang Benar Sesuai Prosedur

One thought on “Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri yang Benar Sesuai Prosedur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top