5 Perbandingan Epoxy Lantai dengan Keramik

Jasa Epoxy Lantai

Jasa Epoxy Lantai

Saat ini ternyata masih banyak juga orang yang belum tahu Perbandingan Epoxy Lantai dengan Keramik. Bahkan ada yang salah menafsirkan bahwa keduanya sama karena hasil finishing akhirnya yang sekilas nyaris sama. Lantai keramik adalah pilihan paling umum yang dipilih orang-orang untuk melapisi lantai bangunannya. Baik itu untuk gedung pribadi maupun bangunan yang sifatnya publik.

Tetapi beberapa tahun belakangan ini, popularitas dari lantai keramik tersaingi oleh cat epoxy lantai. Dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun keduanya tetap memiliki kesamaan dalam tujuan pengaplikasiannya. Yaitu menciptakan lantai yang bersih dan mengkilap.

Nah, dalam hal ini tentu Anda selaku calon konsumen perlu mengetahui seperti apa Perbandingan Epoxy Lantai dengan Keramik agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Baca juga : Jasa Epoxy Lantai Bekasi Terbaik

5 Perbandingan Epoxy Lantai dengan Lantai Keramik

Apa sajakah aspek yang perlu diperbandingkan antara lantai keramik dan cat epoxy lantai? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Segi Ketahanan

Jika berbicara tentang ketahanan, maka ketahanan dari epoxy lantailah yang lebih unggul. Hal ini karena sifatnya yang cuma cat pelapis. Jadi sudah pasti ia memiliki ketahanan yang lebih maksimal. Epoxy lantai mampu bertahan sampai sepuluh hingga lima belas tahun tanpa ada cacat sama sekali seperti berlubang, mengelupas, atau air yang merembes.

Sedangkan keramik ialah material pelapis pondasi lantai. Jelas teksturnya lebih keras dan dari segi ketahanan tidak terlalu fleksibel. Walaupun dapat bertahan hingga puluhan tahun tanpa diganti, tetapi ada banyak faktor yang membuat penggunanya tetap saja khawatir akan biaya perbaikannya. Baik itu karena pondasi amblas, pecah, dan sebagainya.

2. Segi Waterproofing dan Anti Dust-nya

Dilihat dari segi ketahanannya terhadap air (waterproofing) dan anti debu (anti dust), epoxy lantai lebih unggul dibandingkan lantai keramik. Cat epoxy dinilai lebih tahan terhadap cairan maupun bahan kimia lainnya.

Berbeda dengan lantai keramik yang tidak bersifat tahan air. Lantai keramik juga cenderung lebih mudah ditempeli noda dan agak sulit dibersihkan dibanding lantai dengan cat epoxy.

3. Segi Pengaplikasian

Ditinjau dari pengaplikasian dan lama prosesnya, epoxy juga masih unggul. Epoxy lebih mudah diaplikasikan dan finishingnya pun tak butuh waktu yang terlalu lama. Lantai keramik butuh waktu lebih lama untuk menyesuaikan presisi dan coraknya agar lebih detail dan tidak tumpang tindih.

Tetapi untuk sumber daya manusia, pemasang lantai keramik jauh lebih mudah didapatkan dibanding epoxy lantai. Hal ini karena untuk pemasangan cat epoxy lantai dibutuhkan kecekatan dan konsentrasi tinggi agar tidak menimbulkan kesalahan yang fatal. Apalagi jika cat epoxy sudah terlanjur mengering, tentu sudah tidak bisa lagi diperbaiki. Lain halnya dengan kesalahan pemasangan pada lantai keramik yang masih bisa diperbaiki dengan cara dibongkar untuk penyesuaiannya.

4. Segi Pembiayaan

Untuk masalah biaya, pemasangan cat epoxy lantai jauh lebih murah karena tidak butuh terlalu banyak bahan dan peralatan tambahan. Berbeda dengan pemasangan lantai keramik yang untuk biaya materialnya saja bisa sampai 3 kali lipat dari harga epoxy. Itupun belum termasuk biaya pemasangan dan perlengkapan tambahan lainnya.

5. Segi Desain

Memang sih lantai keramik menawarkan lebih banyak desain yang keren sebagai alternatif dalam mempercantik tampilan lantai bangunan Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa lantai hanya akan terlihat indah jika pengaplikasian dan penempatan polanya benar.

Lain halnya dengan cat epoxy lantai yang menawarkan desain dalam bentuk abstrak yang nantinya bisa dikreasikan oleh para seniman epoxy. Saat ini yang paling trend adalah desain lantai 3D.

Baca juga : 16 Keuntungan Menggunakan Cat Epoxy Lantai

Jasa Epoxy Lantai

Pilih Epoxy Lantai atau Keramik?

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya untuk keputusan memilih epoxy lantai atau lantai keramik bergantung pada kebutuhan dan budget Anda. Jika membutuhkan jenis lantai yang agak mahal, sudah bermotif, dan untuk mencari jasa pemasangannya mudah, maka pilihan terbaik adalah dengan menggunakan lantai keramik. Sedangkan jika menginginkan lantai dengan harga yang cukup murah, anti resapan, tahan lama, dan untuk penggunaan jangka panjang, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih cat lantai epoxy.

Baca juga : Jasa Epoxy Lantai

Namun sebagai orang yang cerdas dalam memilih, alangkah baiknya bila Anda memilih cat epoxy lantai. Hal ini karena mengingat cat epoxy memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan lantai keramik. Untuk masalah kesulitan mencari kontraktor jasa epoxy lantai yang handal, terpercaya, dan berpengalaman, Anda bisa menghubungi kami.

Bagi yang ingin menggunakan layanan Jasa Epoxy Lantai dari kami, langsung saja hubungi kami melalui kontak dibawah ini.

Perumahan Griya Utama
Blok E2 No.12, RT 002/ RW 020
Kel. Karang Satria, Kec. Tambun Utara,
Bekasi, Jawa Barat – 17568.

Telp : (021) 5434 0111
Whatsapp : 08577 577 5746
Email : info@kilauepoxy.com
Website : www.KilauEpoxy.com

5 Perbandingan Epoxy Lantai dengan Keramik

One thought on “5 Perbandingan Epoxy Lantai dengan Keramik

  1. thanks informasinya, saya jadi tau perbedaan lantai keramik dan epoxy, nanti lain waktu saya mau pakai epoxy aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top